drop down sederhana

Kamis, 25 Mei 2017

Surat Al-Fatihah


 BACAAN SURAT AL-FATIHAH



Artinya :
1.     Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
2.     Segala puji  bagi Allah, Tuhan semesta Alam
3.     Maha Pemurah lagi Maha Penyayang
4.     Yang menguasai  di Hari Pembalasan
5.     Hanya Engkaulah yang kami sembah , dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan
6.     Tunjukanlah kami jalan yang lurus.
7.     (yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri ni’mat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat. 



Pengertian Surat Al-Fatihah
Surah Al-Fatihah (Arab: الفاتح , al-Fātihah, "Pembukaan") adalah surah pertama dalam Al-Qur’an. Surah ini diturunkan di Mekah dan terdiri dari 7 ayat. Al-Fatihah merupakan surah yang pertama-tama diturunkan dengan lengkap di antara surah-surah yang ada dalam Al-Qur’an. Surah ini disebut Al-Fatihah (Pembukaan), karena dengan surah inilah dibuka dan dimulainya Al-Quran. Dinamakan Ummul Qur'an (أمّ القرءان; induk al-Quran) atau Ummul Kitab (أمّ الكتاب; induk Al-Kitab) karena dia merupakan induk dari semua isi Al-Quran. Dinamakan pula As Sab'ul matsaany (السبع المثاني; tujuh yang berulang-ulang) karena jumlah ayatnya yang tujuh dan dibaca berulang-ulang dalam Sholat

 ISI KANDUNGAN SURAT AL-FATIHAH
1.    AKIDAH
Akidah inilah yang pertama kali dibawa oleh Al Qur’an dan di ajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Para Nabi dan Rasul yang telah di utus sebelum Muhammad SAW juga menanamkan keimanan ini sejak pertama kali mereka di utus kepada umatnya. Keimanan yang dikandung oleh Al Qur’an meliputi keimanan kepada Allah SWT, para Nabi dan Rasul-Nya, malaikat-malaikat-Nya, Kitab-kitab yang telah diturunkan-Nya, hari akhirat, serta Qada’ dan Qadar.
2.     IBADAH
Di dalam ayat ini, Allah mengajari hamba-Nya agar menyembah hanya kepada Allah semata. Maka ayat ini selain mengandung ajaran tentang tauhid, juga mengandung ajaran ibadah kepada Yang Maha Esa tersebut.
3.     HUKUM-HUKUM
Jalan yang menyampaikan manusia kepada kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat, yaitu akidah (kepercayaan) yang benar, hukum dan peraturan, pelajaran yang di bawa oleh Al Qur’an sebagaimana disebutkan di atas.
4.     JANJI DAN ANCAMAN
Al Qur’an juga berisi janji dan ancaman. Allah SWT menjanjikan kebahagiaan kepada mereka yang beriman dan berbuat baik. Sebaliknya, Dia juga memperingatkan mereka yang mempersekutukan-Nya, yang membuat onar dan kejahatan dengan azab.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

POWER POINT SEMESTER 2